Kenang Jasa Pahlawan, MTsN 8 Sleman Hikmat Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2020

Sleman (MTsN 8 Sleman) – 10 November merupakan tanggal bersejarah bagi Bangsa Indonesia, tanggal tersebut identik dengan pidato heroik yang diakhiri pekikan takbir Bung Tomo pada Pertempuran Arek -arek Suroboyo melawan penjajah tahun 1945 silam. 10 November 1945 merupakan salah satu tanggal bersejarah, lantaran terjadi pertempuran besar pasca kemerdekaan, yang dikenal juga sebagai pertempuran Surabaya. Banyak pahlawan – pahlawan yang gugur dalam pertempuran tersebut.

75 tahun berselang, bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Pahlawan Nasional setiap tanggal 10 November. Peringatan tahun ini tentu berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Upacara virtual masih menjadi media bagi beberapa instansi maupun masyarakat umum dalam  Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2020 yang mengambil tema Pahlawanku Sepanjang Masa.

Sesuai dengan surat edaran Kantor Wilayah Kementerian Agama DI Yogyakarta yang bernomor B – 3614/Kw.12.1/5/HM.03/11/ 2020 yang menjelaskan tata cara upacara  Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Salah satunya dengan mengikuti  secara virtual Ziarah Nasional di TMPN Utama Kalibata Jakarta dengan Inspektur Upacara Presiden RI melalui  chanel Youtube Kemensos RI.

Seperti terlihat di ruang PTSP MTsN 8 Sleman, Selasa (10/11/2020) seluruh guru dan pegawai tampak hikmat mengikuti kegiatan tersebut. Waka Humas, Hj. Rini Sri Hastuti, S.Pd. mengatakan kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan lancar. “Alhamdulillah kegiatan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2020 yang diikuti oleh seluruh guru dan pegawai MTsN 8 Sleman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Rini Sri Hastuti.

Di kesempatan terpisah, Kepala Madrasah, Jazim Kholis, S.Ag. mengingatkan kepada seluruh warga madrasah Hari  Pahlawan  kiranya  tidak  hanya  sekedar  diingat  pada  setiap  tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  perlu  terus  dikenang sepanjang masa oleh kita semua.

“Atas jasa dan pengorbanan para pahlawan bangsa, kita dapat merasakan kemerdekaan seperti sekarang ini, dan kewajiban kita sebagai generasi penerus bangsa adalah dengan tetap mengisi dan menjaga kemerdekaan dengan kegiatan – kegiatan yang positif demi kemajuan bangsa Indonesia,” tandas Jazim.(imm)