Kelas 9 MTsN 8 Sleman Belajar Sistem Reproduksi Tumbuhan melalui Pengamatan Lingkungan Alam

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Banyak cara yang dilakukan guru untuk melakukan pembelajaran, termasuk dengan cara-cara kreatif agar tidak membosankan. Hal ini lah yang mendasari Ika Sudaryatiningsih, S.Pd. guru kelas 9 mata Pelajaran IPA MTsN 8 Sleman. Memanfaatkan lingkungan madrasah yang asri dengan beraneka ragam tanaman sehingga bisa digunakan untuk media pembelajaran terutama mata Pelajaran IPA.

“Kali ini saya ajak anak-anak untuk belajar tentang sistem reproduksi tumbuhan dengan langsung mengamati tumbuhan yang ada di sekitar madrasah, dengan begini saya harap anak-anak mudah mengerti” jelas Ika setelah melaksanakan pembelajaran, Kamis (10/08/2023).

Selain menyenangkan pembelajaran langsung ke alam akan memudahkan peserta didik untuk lebih mengerti, guru juga langsung menjelaskan dan memberi contoh nyata. Disaat guru menjelaskan tentang sistem reproduksi tumbuhan yang terdiri aseksual (vegetative) dan seksual (generative), peserta didik mendengarkan sekaligus melakukan pengamatan secara langsung. Pengamatan lingkungan alam yang dilakukan oleh Ika sejalan dengan pernyataan Sumintono (2010: 64), pada dasarnya pembelajaran IPA sebagai mata pelajaran di sekolah yang sangat penting, karena berlangsung adaptasi dengan alam dan sekitarnya.