MTsN 8 Sleman Raih Juara 3 Kompetisi Robot Edukasi Industri 4.0

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) – Tahapan revolusi industri telah memasuki era industri 4.0, yang salah satunya ditandai dengan kehadiran teknologi robotik. Cepatnya perkembangan teknologi di era industri 4.0 saat ini, sejatinya perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM yang kelak akan bersaing dengan teknologi robotik yang sudah mulai diperkenalkan ke para siswa. Taman Pintar Yogyakarta bekerjasama dengan SiRobo (Smart Indonesia Robot) Universitas Diponegoro Semarang menyelenggarakan workshop yang bersifat memberikan pengenalan dan pengetahuan tentang robotika yang dilanjutkan dengan kompetisi kepada siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.

SiRobo merupakan robot pintar yang dapat diprogram dengan Bahasa Indonesia melalui aplikasi SiRobo dengan menggunakan Android. Workshop dan kompetisi SiRobo dilaksanakan mulai tanggal 15-17 Oktober 2019 untuk kategori SMP/MTs. Rangkaian kegiatannya dimulai dengan workshop di Gedung Science Theater yang dilanjutkan dengan praktek pembuatan robot dan kompetisi di Phytagoras Hall Taman Pintar.

Misi yang harus dilaksanakan yakni pemrograman robot melalui rute yang berkelok-kelok, di mana pada titik tertentu harus berhenti beberapa detik, menyalakan lampu dan nada maupun harus mengatur kecepatan dengan pemrograman melalui Android. Pada kesempatan tersebut, team robotik MTsN 8 Sleman yang diwakili oleh Sekar Gisa Aulia dan Muhammad Nahrul Kholis berhasil mendapat juara 3 dalam kategori SMP/MTs.

“Alhamdulillah, team ekstra robotik MTsN 8 Sleman berhasil meraih Juara 3 pada kompetisi pertama yang diikutinya, semoga kedepan bisa lebih baik lagi.” ujar Kepala MTsN 8 Sleman, Drs.H. Sigit Sugandono.(imm)