Empat Tahun Berjalan, MTsN 8 Sleman Konsisten Laksanakan Program Qur’an Follow The Line

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Koordinator keagamaan bersama tim perpustakaan MTsN 8 Sleman secara konsisten mengadakan sosialisasi buku Qur’an Follow The Line (QFL) bagi para siswa, Selasa (14/09/2021).

Bersamaan dengan kegiatan hari kunjung perpustakaan, sejumlah siswa mengikuti penyerahan serta penjelasan tata cara penulisan QFL oleh Daniel Arief Budiman, S.Hum selaku koordinator bidang keagamaan.

QFL sendiri merupakan program unggulan dan prioritas untuk siswa – siswi madrasah yang digagas oleh Kemenag Kabupaten Sleman sebagai salah satu media pembelajaran di lingkungan madrasah. QFL juga menjadi media literasi yang sangat efektif bagi siswa madrasah. Demikian diungkapkan Daniel Arief Budiman saat memberikan sosialisasi.

“Kegiatan literasi Qur’an dapat menjadi metode pembelajaran penguatan karakter dan membentuk mental Qur’ani, hal ini perlu dilakukan agar para siswa terbiasa membaca, menghafal dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Pada kegiatan itu dirinya bersama dengan guru lainnya mencontohkan tata cara penulisan mushaf Al-Qur’an yang tercetak samar – samar untuk kemudian ditebalkan mengikuti garis yang sudah benar dan ada. Dirinya menambahkan dengan kegiatan menulis akan terbangun jiwa yang taat dengan kebenaran serta melatih ketekunan, ketelitian dan kesabaran.

Sementara itu, Kepala MTsN 8 Sleman Jazim Kholis, S.Ag. mengungkapkan tahun 2021 ini merupakan tahun keempat program QFL berjalan di MTsN 8 Sleman. Dan pada tahun sebelumnya, madrasah yang berlokasi di Prambanan tersebut menempati peringkat ketiga se-Kabupaten Sleman dalam jumlah siswa yang berhasil menyelesaikan menulis 30 juz Al-Qur’an.

“Semoga pada tahun ini kita bisa meningkatkan lagi jumlah siswa yang dapat menyelesaikan QFL, insya Allah ini menjadi ladang amal kebaikan serta menjadi kebanggan luar biasa bagi para orangtua maupun madrasah,” ungkapnya.(imm)