Jelang ASPD Kelas IX, MTsN 8 Sleman Adakan Mujahadah dan Doa Bersama

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Dalam rangka menyiapkan mental spiritual menghadapai ASPD (Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah) yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 Mei 2024, MTsN 8 Sleman mengadakan mujahadah dan doa bersama pada Rabu, 8 Mei 2024 di Masjid Nurul Ummah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas IX, orang tua wali siswa, guru, dan pegawai. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Tujuan diadakan mujahadah dan doa bersama ini adalah untuk membekali siswa agar dapat memantapkan hati dalam menempuh ASPD dan memiliki keyakinan bahwa Allah SWT akan memberikan hasil yang terbaik sesuai usaha yang diupayakan.

Agus Sholeh, selaku kepala madrasah, dalam sambutannya mengatakan bahwa mujahadah dan doa bersama ini sebagai senjata pamungkas dalam menempuh ASPD. Sebelumnya para siswa kelas IX sudah dibekali dengan berbagai materi melalui pembelajaran intensif, les tambahan, bahkan menggandeng pengampu dari pihak luar (Risetnesia) sebagai bentuk usaha secara lahiriah. “Mujahadah dan doa bersama ini sebagai bentuk usaha secara batiniah. Semoga anak-anak kita diberikan kemudahan dan kelancaran serta mendapatkan nilai yang maksimal,” tambahnya.

Sebelum kegiatan mujahadah dan doa bersama dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan sholat Isya’ secara berjamaah dengan imam Kyai Misbakhul Munir yang sekaligus memimpin mujahadah dan doa bersama. Mujahadah diawali dengan membaca surat Al Fatikhah 7X, Surat Al Insyirah 7X, Asmaul Husna, sholawat, tahlil, dan ditutup dengan doa.

Terakhir, kegiatan mujahadah dan doa bersama ini ditutup dengan informasi-informasi tentang teknis pelaksanaan ASPD yang disampaikan oleh Wakil Kepala Urusan Kurikulum, M. Arwani Munib. Beliau berpesan kepada orang tua wali siswa agar putra-putrinya disuruh belajar, datang tepat waktu, dan diharapkan para siswa untuk bisa mengelola waktu yang disediakan ketika ujian. (Ys)