Guru MTsN 8 Sleman Ikuti Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di MOOC Pintar Kemenag

Sleman (MTsN 8 Sleman) Aspek akademik, professional dan personal merupakan aspek-aspek yang dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi guru. Dalam aspek professional guru dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya sebagai seorang guru. Semangat untuk selalu belajar dan mengikuti perkembangan terkini di bidang pendidikan. Mampu melakukan refleksi diri terhadap praktik mengajar, mengidentifikasi perkembangan pembelajaran dan terus meningkatkan kualitasnya sebagai seorang guru.

Dalam meningkatkan profesionalitasnya sebagai seorang guru, salah satunya adalah dengan mengikuti diklat / pelatihan / bimbingan teknis yang diselenggarakan balai diklat. Seperti yang sedang diikuti oleh beberapa guru MTsN 8 Sleman, mereka mengikuti pelatihan penelitian tindakan kelas secara online yang diselenggarakan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Dimulai dari tanggal 31 Mei sampai dengan tanggal 9 Juni 2023, melalui platform MOOC di situs pintar.kemenag.go.id para guru antusias mengikuti setiap section materi. MOOC (Massive Open Online Course) merupakan sebuah metode yang memfasilitasi pelatihan secara daring dan dapat menjangkau peserta dengan jumlah yang sangat besar.

Pelatihan PTK terdiri dari 3 section, section Pendahuluan, Kelompok Dasar dan Kelompok Inti. Walaupun secara daring, namun penjelasan dari Widyaiswara sangat jelas. Bahkan ada beberapa Guru yang menjadi pembicara sebagai contoh guru yang pernah melaksanakan PTK. Materi tidak hanya dari video, tapi kita juga bisa mendapat materi dengan format pdf dan ppt. Dengan adanya situs pintar.kemenag.go.ig bagi kami para guru sangat terbantu untuk meningkatkan kompetensi dan meningkatkan profesionalitas. (hm8)