Guru Batik MTs N 8 Sleman Kenalkan Cara Pembuatan Batik Jumputan

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Guna menambah kemampuan siswa dalam membatik, guru mata pelajaran batik kelas VII Anita Dwi Astuti, S.Pd. mengenalkan cara pembuatan batik jumputan pada kelas VII. Saat kami jumpai di kelas VII E pada Selasa (29/8/2023) disela – sela jam mengajarnya Anita menjelaskan bahwa batik jumputan merupakan salah satu jenis batik yang pembuatannya dilakukan dengan cara mengikat kencang dibeberapa bagian kain kemudian dicelupkan pada pewarna.

Anita menambahkan untuk bahan dan alat pembuatan batik jumputan sangat mudah yaitu menggunakan kain putih, wantek (pewarna pakaian), air, gelang karet dan cangkir plastik. Saat praktek siswa dibagi secara berkelompok. ‘’Untuk warna kalian bisa memilih warna apa saja sesuai dengan kesepakatan kelompok, akan tetapi untuk hasil yang maksimal dan menarik kalian bisa menggunakan warna – warna cerah,’’ujarnya.

Kelompok yang terdiri dari Rakha, Arkha, dan Adnan dari kelas VII E merasa bangga ketika batik jumputannya sudah selesai. Menurut mereka selain bisa menambah pengetahuan batik juga berharap nantinya bisa membuat motif – motif yang lain agar lebih bervariasi. Diakhir wawancara mereka berfoto bersama batik jumputannya di depan kelas. (iks)