Dua Hari Pelaksanaan ANBK 2021 MTsN 8 Sleman Berjalan Lancar

Sleman (MTsN 8 Sleman) – MTsN 8 Sleman sukses menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 tingkat SMP/MTs pada gelombang pertama, Senin – Selasa (04 – 05/10/2021).

Dengan penerapan protokol kesehatan, pelaksanaan ANBK di MTsN 8 Sleman menggunakan satu sesi ujian dan tiga ruang komputer. Sebanyak 45 peserta terbagi dalam tiga kelompok dimana masing – masing ruang berisi 15 peserta. Selama dua hari peserta mengerjakan asesmen yang terdiri dari literasi, numerasi, survey karakter serta survey lingkungan belajar. Dengan pengawasan dari guru madrasah lain yakni Nurul Atikhah Febriyantari, S.Pd (MTs Ibnul Qoyyim), Ardian Yoga Pratama, S.Pd (MTs Al Ikhlas) dan Rihadina Rahma Putri, S.Pd (MTs Ibnu Sina).

Proktor madrasah, Imam Taufiq mengatakan selama dua hari pelaksanaan terbilang lancar meskipun terdapat peserta yang tidak hadir. Dirinya menambahkan, bagi peserta utama yang tidak hadir telah digantikan oleh peserta cadangan yang ikut standby di madrasah.

“Pada hari pertama terdapat satu peserta yang tidak hadir, dan langsung digantikan oleh peserta cadangan, kemudian pada hari kedua pada saat pelaksanaan terdapat peserta lain yang sudah datang ke madrasah tetapi sakit vertigo, juga langsung digantikan oleh peserta cadangan,” ujar Imam.

“Alhamdulillah secara umum pelaksanaan ANBK 2021 di MTsN 8 Sleman berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Sementara itu hari kedua pelaksanaan asesmen, pengawas madrasah Kemenag Sleman Ali Shofa, S.Ag. berkesempatan melakukan monitoring pelaksanaan ANBK dengan didampingi Kepala MTsN 8 Sleman Jazim Kholis, S.Ag.

Jazim menuturkan pelaksanaan ANBK dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dirinya pun mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada beberapa pihak.

“Terimakasih kepada peserta yang antusias dan semangat dalam mengikuti asesmen, guru pembimbing yang telah memberikan pelatihan dan pendampingan selama persiapan, proktor teknisi serta panitia yang telah menyiapkan perangkat pelaksanaan ANBK, juga kepada pengawas dari madrasah lain yang telah membantu jalannya pelaksanaan ANBK,” ujar Jazim.(imm)