Dua Guru Bahasa Inggris MTs N 8 Sleman Ikuti Pembuatan Modul Ajar dan Asessmen

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Modul ajar adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, atau Lesson Plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas yang berisi tujuan, langkah – langkah, dan assesmen yang dibutuhkan dalam satu unit atau topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP).

‘’Jadi modul ajar merupakan implementasi dari alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan dari CP dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Jika capaian pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai peserta didik di akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran (TP) yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran,’’ jelas Dra. Hj. Siti Nursyangatun saat ditemui sehari setelah kegiatan Bimtek IKM Mapel Bahasa Inggris SMP/MTs Wilayah Timur (Selasa, 29/8/2023). ‘’Kriteria modul yang baik harus memenuhi unsur esensial dimana pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin,’’ ujarnya.

Syafa menambahkan bahwa pada kegiatan kemarin selain membuat modul ajar juga difokuskan pada Assesmen yang digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Kriterian pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Bentuk assesmen yang bisa dilakukan antara lain sikap (profil pelajar pancasila) dapat berupa observasi, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. (iks)