Guru MTsN 8 Sleman Ikuti Bimtek Pembelajaran Berdeferensiasi

Sleman (MTsN 8 Sleman) – MGMP Bahasa Inggris MTs se- Kabupaten Sleman mengadakan kegiatan Bimtek Pembelajaran Berdeferensiasi pada Senin (29/4/2024) yang bertempat di MTsN 5 Sleman.  Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Bimtek On yang ke tiga.

Ketua MGMP Bahasa Inggris MTs se – Kabupaten Sleman, Atik Yuliana, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalan on yang ketiga.  MGMP merupakan wadah untuk silaturahmi dan tempat untuk belajar bersama, berbagi ilmu bersama guna peningkatan kompetensi guru Bahasa Inggris.  “Saya sangat bersyukur bahwa MGMP Bahasa Inggris saat ini masih aktif menyelenggarakan kegiatan.  Oleh karena itu besar harapan saya sebagai ketua MGMP agar para guru Bahasa Inggris selalu aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh MGMP”, jelasnya.

Karena ini adalah kegiatan On yang ke-3, agenda yang akan dilaksanakan adalah presentasi hasil diskusi kelompok yang telah dibagi materi yang akan dipresentasikan.  Tiap kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam membuat modul ajar yang berdeferensiasi.  Usai mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya selanjutnya akan diadakan review dari Fasprov dan Fasda.

Adapun Fasprov yang hadir dalam kegiatan ini adalah ibu Dina Andriyanti, S.Pd. yang juga aktif sebagai pengurus MGMP Bahasa Inggris MTs Kabupaten Sleman.  Dalam review nya beliau menyampaikan bahwa apa yang telah disajikan oleh tiap kelompok sudah baik.  Para peserta bimtek sudah bisa membuat modul ajar berdeferensisai.

“Hasil diskusi tiap kelompok sudah baik dan perlu dilengkapi lagi dengan LKPD dalam setiap akhir proses pembelajaran.  Jangan lupa sebelum memberikan tugas kepada peserta didik, para guru harus melakukan tes diagnostik untuk mengelompokkan peserta didik menurut gaya belajara masing-masing.  Hal ini akan mempermudah dalam pemberian tugas selanjutnya dan inilah nantinya yang dinamakan proses pembelajaran yang berdefernsiasi”, pesannya. (hm8)