Dianpinru Penggalang Tumbuhkan Jiwa Kemandirian dan Kepemimpinan

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Kegiatan pramuka sebagai suatu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib dilaksanakan di MTs N 8 Sleman dapat menumbuhkan sikap dan mental yang baik bagi peserta didik. Selain itu juga dapat menumbuhkan jiwa kemandirian dan kepeimpinan. Untuk itulah MTs N 8 Sleman mewakilkan salah satu penggalangnya untuk mengikuti Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Kwaran Prambanan pada Rabu (14/06/20230) bertempat di SMPN 1 Ngemplak.

Dianpinru Penggalang merupakan kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan, sikap, serta kepemimpinan untuk dewan penggalang dan calon pimpinan regu penggalang. Kegiatan Dianpinru di Kabupaten Sleman ini bertujuan untuk membekali materi kepramukaan kepada seluruh dewan penggalang dan pimpinan regu sehingga memiliki kecakapan pengetahuan dan keterampilan untuk mendampingi adik–adiknya dalam kegiatan kepramukaan.

Kegiatan Dianpinru dari Kwaran Prambanan diwakili oleh penggalang SMPN 1 Prambanan, SMPN 4 Prambanan, MTs N 8 Sleman, SMPN 3 Prambanan, SMPIT Baitussalam Prambanan, SMPN 2 Prambanan. Fitri Rahmadhani penggalang yang mewakili MTs N 8 Sleman merasa bangga bisa mengikuti kegiatan ini. “Saya mempersiapakn fisik yang prima dan bekal materi kepramukaan dan materi lain yang mendukung yang saya terima dari kakak – kakak pembina di madrasah,” ujarnya.

Menurut Dra. Hj. Hartini yang ikut mendampingi kegiatan ini mengungkapkan harapannya bahwa kegiatan ini mampu melahirkan calon pemimpin baru yang tangguh sebagai generasi muda yang berwawasan tinggi dan memiliki jiwa kepemimpinan, serta memupuk jiwa nasioanlisme sebagai sarana pendidikan karakter melalui sejarah.(iks)