“Cermat”, Melatih Percaya Diri Siswa MTsN 8 Sleman

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Ada yang baru di program keagamaan MTsN 8 Sleman, selain yang sudah berjalan dari tahun ke tahun, sepeti sholat Dhuha dan sholat Duhur berjamaah untuk seluruh siswa. Acara hari besar keagaaman juga tak luput masuk dalam agenda rutin Tim Keagamaan. Di tahun Pelajaran 2023-2024 koordinator keagamaan, Eti Maryati, S.Pd.I. membuat terobosan baru, yakni memasukkan “cermat” yaitu ceramah lima menit.

“Cermat adalah ceramah lima menit yang nanti akan diisi oleh perwakilan kelas dari kelas 7A hingga 9F secara bergantian setiap harinya. Tujuannya agar peserta didik terbiasa berbicara di depan orang banyak, sekaligus mampu menyiarkan agama” ujar Eti. Selain cermat tiap kelas juga harus menyiapkan seorang muadzin untuk Sholat Duhur, cermat berlangsung setelah sholat Duhur berjamaah.

Kali ini, Selasa (15/08/2023) cermat dan muadzin dimulai dari kelas 7A. Cermat diisi oleh M. Rizki Nasar siswa kelas 7A, Rizki menyampaikan ceramah tentang syukur, mengajak kita untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah yang diberikan kepada kita. Selama lima menit Rizki tampil percaya diri menyampaikan materinya. (hm8)