Bersinergi dengan KUA Kalasan, MTsN 8 Sleman Adakan Akselerasi Proses Sertifikasi Halal

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi produsen produk halal terbesar di dunia. Hal ini tercermin dari potensi pasar produk halal di dalam negeri yang diharapkan dapat memperkuat industri halal nasional, sehingga Indonesia tidak hanya menjadi konsumen namun juga sebagi produsen.

Indonesia ditargetkan bisa menjadi pusat industri halal dunia pada tahun 2024, dan sertifikasi halal sangat penting bagi pelaku usaha, khususnya UMK sebagai bentuk jaminan kehalalan sekaligus menjadi nilai tambah bagi produk agar berdaya saing tinggi.
Untuk mewujudkan program percepatan sertifikasi halal tersebut, MTs N 8 Sleman bekerjasama dengan KUA Kalasan dengan narasumber Khanifatus Sa’diyah, S.H. menggelar kegiatan akselerasi sertifikasi halal pada Sabtu (03/06/2023) bertempat di Aula MTs N 8 Sleman yang melibatkan semua guru dan pegawai madrasah.

Ada beberapa syarat bagi pelaku usaha dalam mengajukan sertifikat halal yaitu, nomor whatsaap / email, KTP, foto produk yang sudah dikemas, nama produk / merk produk, dan akun SIHALAL, yang kemudian akan mendapatkan pendampingan dalam prosesnya, ujarnya. Kepala Madrasah, Agus Sholeh, S.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa ikut mensukseskan program pemerintah dengan 2000 sertifikat halal gratis. Program ini juga sebagai salah satu cara untuk mendorong pelaku usaha di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memiliki sertifikasi halal, tambahnya. (iks)