Bersama 5.124 Penari, Siswa MTsN 8 Sleman Semarakkan Jogja Menari II

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Tidak kurang dari 70 siswa MTsN 8 Sleman beserta guru pendamping dan Kepala Madrasah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Jogja Menari II yang digelar di Lapangan Siwa Candi Prambanan, Minggu (18/12/2022).

Dikutip dari laman resmi Jogja Menari, kegiatan ini merupakan sebuah gerakan melestarikan budaya dengan menari bersama dengan tarian kreasi yang terinspirasi dari tari daerah Indonesia. Dimana calon peserta latihan mandiri tarian yang sudah disiapkan panitia melalui platform YouTube.

Saat pertama kali diinisiasi Jogja Menari menjadi gerakan menari kolosal pertama di kota Jogja yang diprakarsai oleh Alumni SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Setelah lahir, Jogja Menari sempat vakum selama bertahun-tahun akibat pendemi Covid-19. Kini tahun 2022 menjadi gelaran keduanya yang diadakan dalam rangka acara Lustrum SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta.

Waka Kesiswaan Drs. Muhammad Ali Nursalim, M.Pd.I. mengatakan kurang lebih terdapat 5.000 penari dari masyarakat umum, sanggar tari, komunitas, sekolah, madrasah, dan wisatawan yang secara bergantian unjuk kebolehan dalam ajang tersebut.

Untuk temanya sendiri, Jogja Menari 2022 mengangkat slogan ‘Nusantara Harmoni’. Sejalan dengan tema tersebut, para peserta yang ikut gelarannya akan diwajibkan menggunakan kostum yang mengangkat budaya dari Sabang sampai Merauke.

“Sesuai dengan tema budaya Indonesia, untuk penari dari MTsN 8 Sleman mengenakan batik ciprat khas MTsN 8 Sleman,” tandas Ali Nursalim.

Sementara itu sebagai pengiring tarian, Jogja Menari 2022 juga sudah menyiapkan medley berupa kompilasi antara berbagai lagu daerah diantaranya Suwe Ora Jamu (Yogyakarta), Bungong Jeumpa (Aceh), Kicir – kicir (Betawi), Paris Barantai (Kalimantan), Si Patokan (Sulawesi), Janger (Bali), Yamko Rambe Yamko (Papua), Rasa Sayange (Maluku).(imm)