Wujudkan Madrasah Ramah Anak, MTs N 8 Sleman Terapkan 5S

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Madrasah kini merupakan rumah kedua bagi siswa dan menjadikan prioritas maupun tantangan bagi dunia pendidikan. Kebijakan lima hari sekolah yang diterapkan pemerintah membuat jam belajar siswa lebih banyak di madrasah. Hal ini menjadi tantangan bagi madrasah untuk membuat siswa merasa betah dan senang berada di madrasah.

Pendidikan saat ini tidak hanya tentang transfer ilmu dari guru ke siswa tapi juga transfer perilaku yang baik, terlebih tantangan global saat ini telah menggerus perilaku dan sikap siswa sebagai generasi penerus bangsa.

Kepala Madrasah Agus Sholeh, S.Ag. menyampaikan bahwa pengaruh globalisasi tidak dapat kita bendung sebagai konsekuensi logis dari perkembangan zaman yang bisa mempengaruhi perilaku siswa hingga melupakan jati dirinya sebagai siswa yang memiliki sopan santun dan tata krama ketimuran akibat pengaruh negatif dari budaya asing.

“Berkaca dari permasalahan dan tantangan tersebut, MTsN 8 Sleman berupaya membentuk karakter bagi siswanya melalui program 5S yang merupakan akronim dari Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun. Program ini merupakan upaya untuk mewujudkan madrasah yang ramah dan upaya untuk mengajarkan karakter sopan santun,”pungkasnya.