Antusiasme Peserta Kemah Budaya MTsN 8 Sleman Mendirikan Tenda

Sleman (MTsN 8 Sleman) – MTsN 8 Sleman Gugus Depan 09.047-09.048 menggelar Kemah Budaya dengan tema “Mari Kenali Budaya Lokal Agar Tak Pudar Dimakan Zaman” di bumi perkemahan Banyunibo, Prambanan. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 Juni 2024 ini disambut dengan semangat tinggi oleh para peserta. Sejak pagi hari, peserta terlihat antusias mendirikan tenda di lokasi perkemahan, menunjukkan semangat kolaborasi dan gotong royong yang tinggi.

Didampingi oleh kakak pembina dan Dewan Penggalang , para penggalang dengan cekatan menyiapkan peralatan kemah dan mendirikan tenda-tenda. Salsa Bella, salah satu penggalang, mengatakan bahwa mereka telah mendapat pelatihan mendirikan tenda saat latihan pramuka di madrasah. “Kami dilatih mendirikan tenda dalam waktu 15 menit, dan hari ini kami membuktikan bahwa kami bisa mendirikan tenda dengan tepat waktu,” ujarnya dengan bangga. Kegiatan ini bukan hanya tentang teknis mendirikan tenda, tetapi juga melatih kerjasama, disiplin, dan ketangguhan para siswa.

Waka Kesiswaan MTsN 8 Sleman, Drs. Muhammad Ali Nursalim, M.Pd., mengatakan Kemah Budaya ini bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan budaya lokal kepada para peserta. Semua kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendalam tentang kekayaan budaya Indonesia. Para siswa diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya lokal melalui berbagai aktivitas yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Keberhasilan para peserta dalam mendirikan tenda dengan semangat dan kerjasama yang baik menjadi awal yang positif untuk rangkaian kegiatan kemah budaya ini. Diharapkan semangat ini terus terjaga hingga akhir acara, sehingga seluruh kegiatan dapat berlangsung dengan lancar dan memberikan manfaat maksimal bagi perkembangan karakter dan pengetahuan siswa. Dengan demikian, tujuan utama dari tema kemah ini, yaitu mengenali dan melestarikan budaya lokal agar tidak pudar dimakan zaman, dapat tercapai dengan baik. (hm8)