207 Siswa Baru MTsN 8 Sleman Rampungkan Pemberkasan dan Daftar Ulang

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) –  Gelaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 8 Sleman Tahun Ajaran 2020/2021 telah diselesaikan dengan lancar. Sejumlah 207 siswa baru telah merampungkan proses akhir yaitu pemberkasan dan daftar ulang.

Merebaknya wabah Covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor salah satunya adalah kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Kegiatan yang sedianya dilaksanakan secara manual akhirnya dibatalkan. Hal tersebut sebagai bentuk tindak lanjut Surat Edaran pemerintah baik pusat maupun daerah yang melarang pengumpulan massa dalam jumlah banyak.

Menindaklanjuti hal tersebut, tim PPDB segera mencari formula yang pas dalam pelaksanaan PPDB MTsN 8 Sleman tahun ini hingga akhirnya didapatkan keputusan yakni pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2020-2021 mulai dari pendaftaran hingga pelaksaan seleksi menggunakan metode daring/online.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/7/2020 ), Ketua PPDB MTsN 8 Sleman, Drs. Muh Jafron mengatakan, secara umum gelaran PPDB MTsN 8 Sleman telah berhasil melampaui target. “Total pendaftar dari seluruh jalur yang dibuka sejumlah 315 calon siswa, dan yang telah dinyatakan lolos seleksi dan diterima sebagai siswa baru sejumlah 207 anak, dengan rincian 99 siswa putra dan 108 siswa putri,” terang Jafron.

Pada PPDB tahun ini, MTsN 8 Sleman membuka dua jalur yaitu prestasi/keagamaan dan reguler. Jalur prestasi/keagamaan dibuka dari tanggal 10 April – 31 Mei 2020 untuk Gelombang I dan untuk Gelombang II dibuka pada 01 – 23 Juni 2020 dengan total kuota sejumlah 5 kelas. Sedangkan untuk jalur reguler pendaftaran dimulai pada 24 Juni – 01 Juli 2020 dengan kuota sejumlah 1 kelas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag, berujar gelaran PPDB Online merupakan yang pertama kali digelar di MTsN 8 Sleman. ”Alhamdulillah, jumlah pendaftar PPDB pada tahun ini tetap stabil seperti tahun-tahun sebelumnya. Walapun dengan sistem online yang baru pertama kali dilaksanakan di MTsN 8 Sleman dan dengan adanya pandemi Covid-19, tidak menyurutkan animo masyarakat untuk menyekolahkan putra – putrinya di madrasah ini.  Hal tersebut bentuk kerja keras semua warga madrasah untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan dan mutu pendidikan yang diberikan kepada peserta didik,”ujarnya.

Sementara itu salah satu pengolah data PPDB, Imam Taufiq, S.Kom mengatakan gelaran PPDB Online secara umum telah sukses dilaksanakan MTsN 8 Sleman. “Sedari awal prinsip kita dalam membuat sistem dan alur PPDB Online dibuat sesederhana mungkin, hal ini untuk memudahkan para orangtua siswa dalam mendaftar, dan tentunya akan kita evaluasi sistem dan alur yang telah dipakai tahun ini untuk lebih baik di tahun ajaran berikutnya jika masih menggunakan metode online,”tegas guru TIK tersebut.(imm)