Tahun Politik, Kepala Madrasah MTs N 8 Sleman Tekankan Netralitas ASN dan P3K

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Kepala Madrasah Agus Sholeh, S.Ag pada Sabtu siang seusai kegiatan belajar mengajar (29/07/2023) mengadakan briefing bertempat diruang guru, terus mengingatkan para ASN dan P3K MTs N 8 Sleman untuk menjaga netralitas menjelang pemilu 2024 mendatang.

Salah satu upaya yang dilakukan Agus yaitu melakukan sosialisasi kepada ASN dan P3K terkait larangan selfi bersama calon, mengikuti acara calon, berkumpul ditempat yang dihadiri calon (terutama ibu – ibu dalam pertemuan dasa wisma atau PKK), membagikan, memberi komentar, dan menyukai unggahan dari media sosial (medsos) peserta pemilu. Bila melanggar, sanksi akan diterima sesuai aturan yaitu hukuman disiplin ringan, sedang, sampai berat.

Kepala madrasah menekankan pentingnya upaya politik praktis, utamanya menjelang pemilihan umum (pemilu) pada 2024 mendatang. Asas netralitas seorang ASN dan P3K harus diwujudkan bebas dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak pada kepentingan siapapun.

‘’Pasalnya berbeda dengan TNI dan Polri, ASN dan P3K yang tetap memiliki hak pilih lebih riskan dalam berbagai kemungkinan akan kecondongan pada pelaksanaan pemilu nantinya. Jangan sampai kita memihak salah satu calon, kita harus netral dan tidak terlibat dalam kegiatan – kegiatan yang berbau politik. Sebagai seorang ASN dan P3K harus konsekuen dengan aturan yang ada, dimana ASN dan P3K harus bersikap netral dalam pemilu,’’ pungkasnya. (iks)