Pengawas Madrasah Lakukan Verifikasi Administrasi Guru MTsN 8 Sleman

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) – Pengawas Madrasah Kemenag Kabupaten Sleman, Dra.Hj. Charissatunniswah, M.Pd.I. dan Hj. Heni Wahyu Widayati, S.Ag, M.Si. kembali melakukan kunjungan dinas di MTsN 8 Sleman, Jumat (13/03/2020) dengan mengusung agenda pemeriksaan dan verifikasi terhadap  kelengkapan perangkat Administrasi Guru di MTsN 8 Sleman. Bertempat di ruang Perpustakaan, tidak kurang dari 40 guru MTs Negeri 8 Sleman yang akan diverifikasi berkasnya.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya, dimana seluruh guru MTsN 8 Sleman telah diberikan penjelasan mengenai penyusunan perangkat administrasi yang merujuk pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Instrumen Akreditasi tahun 2020 dipastikan akan mengalami pembaharuan paradigma dalam pelaksanaan Akreditasi di Sekolah/Madrasah tahun 2020.

Paradigma tersebut diharapkan mampu memperbaiki serta meningkatkan kualitas akreditasi serta tetap memperhatikan standar nasional pendidikan. Paradigma baru memberi penekanan kepada mutu lulusan, mutu guru dan manajemen sekolah atau madrasah. Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 memuat empat standar utama yaitu, mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah.

Dalam kegiatan tersebut Pengawas Madrasah mencermati poin – poin perangkat pembelajaran yang terdiri dari Analisis KI/KD, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Perumusan KKM, Program Remidi dan Pengayaan, Bukti Pelaksanaan Remidi dan Pengayaan, Nilai Remidi, Buku Agenda Guru, Kalender Akamdemik, Presensi Siswa, Nilai Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap serta Hasil diskusi dengan guru lain terkait pengembangan RPP.

Ikut diverifikasi juga perangkat tentang tugas tambahan guru apabila menjabat sebagai Wakil Kepala Madrasah maupun pengampu ekstrakurikuler yang terdiri dari Program kerja, Dokumen hasil program kerja serta penilaian program kerja tugas tambahan tersebut.

Dengan penuh ketelitian, duet pengawas yang telah meraih prestasi Nasional tersebut mencermati setiap perangkat yang dimiliki oleh masing – masing guru MTsN 8 Sleman.”Selain melakukan verifikasi terkait kelengkapan berkas, pengawas juga memberikan penjelasan mengenai perangkat pembelajaran yang sesuai dengan IASP 2020,” ujar Charissatunniswah.

Sedangkan Heni Wahyu Widayati menambahkan, jika agenda tersebut dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk konsultasi kepada tim pengawas madrasah.”Verifikasi ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala pada guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, serta para guru dapat berkonsultasi kepada pengawas untuk dapat menyusun perangkat pembelajaran tersebut dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman dan aturan yang berlaku,”tambah Heni Wahyu.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag menyambut baik dilakukannya verifikasi berkala yang dilakukan oleh tim pengawas madrasah tersebut. ”Tujuan di adakannya pemeriksaan dan verifikasi administrasi mengajar dalam rangka untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di dalam kelas, dan salah satu bentuk upaya bersama dewan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 8 Sleman, dan setiap pendidik itu wajib memiliki perangkat pembelajaran yang terbaru dan inovasi setiap tahun pelajaran agar siswa dapat mencapai kompetinsi yang telah ditentukan”tandas Jazim.(imm)