Pembentukan Karakter Positif, Tiga Siswa MTsN 8 Sleman Ikuti Jogja Leadership Camp

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Bidang Pendidikan Madrasah (Penma) Kanwil Kemenag DIY bekerjasama dengan Pusat Studi Kebudayaan Indonesia Pengembangan Pendidikan Pemberdayaan Masyarakat dan Keagamaan (KIP3MK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Jogja Leadership Camp: Ramadhan Learning Character, Selasa – Kamis (12-14/04/2022).

Tiga siswa MTsN 8 Sleman yakni Amelia Rahma Arnindyah, Reihan Artha Saputra serta Galang Degan Perdana Putra ditunjuk untuk mengikuti kegiatan yang digagas sebagai Pesantren Karakter Saat Pandemi dengan mengangkat tema “Dari Jogja untuk Indonesia”.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag DIY, Dr. Masmin Afif, M.Ag di Hotel Dafam Seturan, Sleman, Senin (11/04/2022) yang diikuti ketiga peserta dari MTsN 8 Sleman melalui live streaming dari madrasah. Dalam kesempatan tersebut Kakanwil menandaskan kegiatan ini sangat penting untuk mengembalikan pendidikan karakter siswa-siswi madrasah di Yogyakarta.

Jogja Leadership Camp merupakan wujud nyata kerjasama penguatan pendidikan karakter yang sempat pudar pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ),” tandas Kakanwil.

Waka Kesiswaan MTsN 8 Sleman Drs. Muhammad Ali Nursalim, M.Pd.I. saat mendampingi ketiga peserta mengatakan kegiatan bagi tingkat MTs akan berlangsung selama tiga hari tanpa menginap dengan konsep kegiatan model pesantren kilat dan booth camp. Dengan menghadirkan narasumber dari akademisi dan praktisi yang ahli dalam bidang pembentukan karakter positif dengan penyampaian materi yang dikemas menyenangkan dan edukatif.

Sementara itu Kepala MTsN 8 Sleman Jazim Kholis, S.Ag. sangat mendukung penuh siswanya dalam kegiatan pengembangan karakter tersebut. Dirinya berpesan kepada perwakilan siswa untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dengan sungguh – sungguh.

“Harapannya usai mengikuti pelatihan tersebut dapat mengaplikasikan ilmunya di kehidupan sehari – hari serta dapat mengimbaskan kepada teman – temannya di madrasah,” pesan Jazim.(imm)