Pembelajaran IPS, Siswa MTsN 8 Sleman Amati Sektor Pertanian

Sleman (MTsN 8 Sleman) — Daerah tropis, curah hujan tinggi mengakibatkan berbagai tanaman dapat tumbuh subur hal ini yang membuat Indonesia disebut sebagai Negara agraris. Pun begitu dengan kawasan desa Pelemsari Prambanan Sleman DI Yogyakarta, yaitu lingkungan MTs Negeri 8 Sleman, di area ini masih terjaga alamnya, hamparan sawah, sungai, dan masyarakatnya yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.

Sektor pertanian mempunyai peran yang sangat penting bagi kelangsungan ekonomi masyarakat, seperti yang sudah dijelaskan oleh bu Dra. Hj. Hartini, dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPS kelas 8 MTsN 8 Sleman materi keunggulan dan keterbatasan antar ruang dan pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi. Bu Har, biasa disapa, mengajak anak-anak kelas 8 untuk mengamati kegiatan di sektor pertanian sekitar madrasah.

Yang perlu mereka perhatikan dari sektor pertanian tersebut apa keunggulan dan keterbatasan dari sektor pertanian terhadap kegiatan ekonomi masyarakatnya. Apakah sektor pertanian sudah berfungsi sebagai penyedia bahan pangan bagi masyarakatnya? Apakah dari sektor pertanian mampu menyediakan lapangan pekerjaan?

Hal ini membuat anak menjadi berpikir  kritis, peka terhadap lingkungan dan mampu mendeskripsikan peran ekonomi dari sektor pertanian. Yang pada akhirnya anak mampu menyimpulkan bahwa dari sektor pertanian memiliki pengaruh besar terhadap kegiatan ekonomi masyarakat sekitarnya. Ketahanan pangan terjaga, lapangan pekerjaan tercipta dan pemanfaatan lahan yang bernilai ekonomi. Bu Har berharap keunggulan dan keterbatasan antar ruang dan pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi dapat saling memenuhi kebutuhan. Dan besar harapan bu Har kepada anak-anak agar selalu menjaga lingkungan, dan ikut membangun bangsa melalui sektor pertanian. (hm8)