Nguri Uri Permainan Tradisional, MTsN 8 Sleman Mengadakan Lomba Gobak Sodor

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Gobak sodor, permainan tradisional yang dapat dilakukan secara berkelompok, dan mengedapankan strategi serta kekompakan. Permainan tradisional gobak sodor juga sangat mengasyikkan dan menantang kita untuk selalu bergerak cepat dan lincah.

Adapun latar belakang dipilihnya lomba tersebut oleh panitia classmeeting karena ingin mengangkat kembali seni, budaya, dan permainan tradisional yang dimiliki Bangsa Indonesia.Harapannya generasi muda sebagai penerus bangsa dapat terus melestarikan budaya yang bangsa kita miliki.

Kepala Madrasah Agus Sholeh, S.Ag menyampaikan manfaat permainan gobak sodor yakni sebagai sarana menjaga kesehatan dan sarana silaturahmi. Selain itu menurut Agus ada manfaat lain dari permainan gobak sodor yakni melatih kepemimpinan, kecerdasan, ketangkasan, kekompakan, kesabaran, dan kejujuran.

Agus juga menambahkan bahwa permainan gobak sodor ini salah satu permainan yang hampir punah, sehingga kita berkewajiban mengingatkan kembali kepada siswa tentang permainan yang dulunya pernah jaya pada jamannya.

Permainan gobak sodor ini diikuti oleh perwakilan kelas 7 dan kelas 8 dan disambut sangat antusias oleh para peserta. Lomba ini dilaksanankan selama dua hari untuk babak penyisihan sampai final bertempat di lapangan upacara pada 14 dan 15 Juni 2023. (iks)