Menjelang Hari Santri Nasional, Panitia HSN MTsN 8 Sleman Adakan Rapat Persiapan

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Kepala MTsN 8 Sleman Jazim Kholis, S.Ag. bersama Ketua Panitia Hari Santri Nasional (HSN) 2021 Tanaya Yuka Prihatma, S.S. memimpin jalannya rapat koordinasi kegiatan HSN di ruang aula madrasah, Jumat (15/10/2021).

Seperti diketahui, Bulan Oktober dipilh sebagai Hari Santri merujuk kepada sejarah bangsa. Pada bulan ini, tepatnya 22 Oktober ditetapkan pemerintah sebagai Hari Santri Nasional. Hal ini ditujukan untuk mengingat  jasa besar dan peran Ulama serta Kyai pondok – pondok pesantren dalam memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, segenap panitia merumuskan rangkaian kegiatan bernuansa santri serta lomba bernuansa Islami. Diantaranya tilawah Al-Qur’an 30 juz, lomba kaligrafi, kultum serta kreasi jilbab bagi para siswa, apel puncak peringatan HSN serta pengajian bagi seluruh warga madrasah.

Ketua kegiatan Tanaya Yuka mengatakan rangkaian kegiatan HSN dimulai di hari Jumat ini, diawali dengan kegiatan tilawah di rumah masing – masing. Sedangkan untuk kegiatan lomba akan dimulai di hari Senin setelah kegiatan Pembelajaran Tatatp Muka.

“Puncak acara di tanggal 22 Oktober akan ada apel Hari Santri, pengumuman hasil lomba, serta pengajian bagi warga madrasah,” ucap Tanaya.

Sementara itu, Kamad Jazim Kholis dalam arahannya meminta seluruh warga madrasah untuk ikut aktif dan terlibat dalam menyemarakkan HSN 2021 ini.

“Insya Allah di tahun 2021 ini kegiatan HSN bisa dilaksanakan secara luring, walaupun masih secara terbatas,” ujar Jazim.

Dirinya menambahkan peringatan HSN juga bertujuan untuk meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama dan kyai.(imm)