Kreasi Literasi Siswa Kenalkan Batik Jumputan di MTs N 8 Sleman

Sleman (MTs N 8 Sleman) – Saat ini batik sudah menjadi identitas bangsa Indonesia dan telah ditetapkan oleh United Nations Educational , Scientificand Cultural (UNESCO) sebagai warisan budaya. Hal ini menjadi pilihan MTs N 8 Sleman dalam membuat kreasi batik melalui pelajaran batik pada Selasa (29/8/2023) bersama guru pengampu mata pelajaran batik kelas VII Anita Dwi Astuti, S.Pd.

Batik jumputan bisa diartikan sebagai salah satu jenis batik yang mudah dibuat jika dibandingkan dengan pembuatan batik tulis maupun batik cap, dimana batik jumputan mempunyai dua cara menghias batik yakni dengan cara diikat dan di celup.

Pemilihan kreasi batik jumputan ini bertujuan untuk mengasah kreatifitas siswa dan menambah wawasan baru dalam membuat pakaian tidak hanya lewat sablon namun teknik batik lainnya yaitu batik jumputan, jelas Anita.

“Kegiatan membuat batik jumputan bagi siswa kelas VII yang kali ini dibuat kelompok berjalan kondusif dan mendapatkan respon positif dari siswa, karena selain dapat mempelajari seni dan budaya Indonesia juga menghargai proses pembuatannya. Semua siswa antusias menjumput dengan cara mengikat dan diakhir proses mereka harus mencelupkannya kedalam pewarna yang sudah di siapkan,” pungkasnya. (iks)