SLOT GACOR SLOT GACOR
Kerjasama Dikmad Kemenag Sleman, MTsN 8 Sleman Adakan Workhsop Pengimbasan Penyusunan Soal HOTS – MTs Negeri 8 Sleman – Official Website
School Info
Saturday, 27 Jul 2024
  • Selamat datang peserta didik baru MTs Negeri 8 Sleman dalam kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2024
  • Selamat datang peserta didik baru MTs Negeri 8 Sleman dalam kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2024
12 March 2021

Kerjasama Dikmad Kemenag Sleman, MTsN 8 Sleman Adakan Workhsop Pengimbasan Penyusunan Soal HOTS

Fri, 12 March 2021 Read 8x Humas / Kurikulum

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Perkembangan dunia pendidikan menjadi serba digital membuat dunia pendidikan pun tercelup oleh digitalisasi. Artinya, kualitas materi pelajaran anak-anak di sekolah dari masa ke masa terus meningkat. Hal tersebut mendorong munculnya istilah-istilah baru di dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah High Order Thinking Skills atau disingkat HOTS.

Menyikapi hal tersebut, MTsN 8 Sleman bekerjasama dengan bidang Dikmad Kemenag Sleman mengadakan workshop pengimbasan teknik penyusunan soal HOTS untuk ujian madrasah dengan menghadirkan narasumber Hudaya Al Mufida, S.Pd., Selasa – Rabu (09-10/03/2021). Kegiatan pelatihan selama dua hari tersebut dibuka oleh Kasi Dikmad Kemenag Sleman H. Achmad Fauzi, S.Ag., M.S.I. serta dihadiri oleh pengawas madrasah, Drs. Mujiyono, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 8 Sleman Jazim Kholis, S.Ag. mengatakan pelatihan ini dirasa penting mengingat tuntutan dari standar kurikulum yang mewajibkan peserta didik di madrasah mempunyai tingkat berfikir yang tinggi.

“Pendekatan yang digunakan HOTS bukan hanya berpikir untuk mengingat tetapi juga meningkatkan kreativitas dan analisis untuk memecahkan masalah. Sederhananya, HOTS menuntut peserta didik untuk kritis, kreatif dan berani berinovasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan tertentu,” tandas Jazim.

Dalam sesi utama kegiatan pelatihan tersebut, Hudaya Al Mufida menjelaskan tujuan adanya soal HOTS adalah untuk menguji kemampuan peserta didik mulai dari tingkat analisis sampai menciptakan. Oleh karenanya setiap peserta didik harus mempunyai kemampuan kognitif yang mumpuni dalam hal analisis, evaluasi, dan penciptaan hal-hal baru.

Dalam kegiatan tersebut, Mufida juga menjelaskan tentang konsep dan karakteristik soal HOTS dalam penilaian, metode penyusunan kisi – kisi soal HOTS dan dilanjutkan dengan seluruh guru menyusun dan mempresentasikan soal HOTS yang telah dibuat.(imm)

This article have

0 Comment

Leave a Comment

 

https://idea.gov.bd/qris/ https://e-office.inka.co.id/gacor/