Jumat Religi Bentuk Karakter Islami Siswa MTsN 8 Sleman

Sleman (MTsN 8 Sleman) – MTsN 8 Sleman pada Jumat (2/2/2024) bertempat di Masjid Nurul Ummah menyelenggarakan Jumat Religi guna memantapkan keimanan dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jumat religi merupakan salah satu kegiatan dalam Pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter di MTsN 8 Sleman. Jumat religi bertujuan untuk membangun pondasi dengan nilai keagamaan dalam menghadapi perubahan – perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari.

Saat kami konfirmasi setelah kegiatan selesai, Kepala Madrasah Agus Sholeh, S.Ag. menyampaikan bahwa adanya kegiatan Jumat Religi diharapkan dapat memenuhi tujuan untuk menginternalisasi nilai – nilai agama pada siswa agar terbiasa berperilaku dan bersikap sesuai ajaran agama sehingga dapat meningkatkan iman dan taqwa serta berakhlak mulia dalam kehidupan sehari – hari.

Meskipun dalam cuaca mendung nan sejuk kegiatan Jumat Religi yang dipimpin oleh salah satu guru Bahasa Arab Jumanudi, M.Pd.I. tetap berjalan dengan khusuk. Jumat Religi kali ini diisi dengan tadarus Alquran dimulai dari Surat An Naba’ (berita besar), An Naazi’at (malaikat – malaikat yang mencabut), ‘Abasa (ia bermuka masam), At Takwir (menggulung), Al Infithar (terbelah), Al Muthaffifin (orang – orang yang curang), Al Insyiqaq (terbelah) dan dilanjutkan membaca sholawat. (iks)