Sleman (MTsN 8 Sleman) – Pengawas madrasah melakukan kunjungan ke MTsN 8 Sleman pada Rabu (11/9/2024) untuk memeriksa persiapan akreditasi, khususnya pada komponen 3 yang mencakup Proses Pembelajaran. Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian evaluasi yang dilakukan oleh pengawas dalam memastikan bahwa standar mutu pendidikan di madrasah tersebut sesuai dengan ketentuan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM).
Pengawas madrasah, Dra. Ida Uswatun Hasanah, memimpin pengecekan langsung di kelas-kelas dan berinteraksi dengan para guru serta siswa guna menilai efektivitas proses pembelajaran. “Komponen 3 sangat penting dalam akreditasi karena berkaitan langsung dengan kualitas pembelajaran yang diterima oleh siswa. Kami ingin memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan sesuai standar, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran,” ujar Ida Uswatun Hasanah.
Selama kunjungan, pengawas juga memeriksa dokumen perencanaan pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Silabus. Ia memberikan apresiasi terhadap langkah-langkah inovatif yang telah diterapkan oleh beberapa guru dalam proses pengajaran, terutama yang berbasis teknologi dan pendekatan yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam belajar.
“Kami melihat adanya upaya yang baik dari pihak madrasah dalam mengembangkan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan modern. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang sejalan dengan tuntutan zaman,” tambahnya.
Kepala MTsN 8 Sleman, Agus Sholeh, S.Ag., menjelaskan bahwa madrasahnya telah melakukan berbagai persiapan matang terkait komponen ini, termasuk peningkatan kualitas guru melalui pelatihan dan workshop. “Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa proses pembelajaran di MTsN 8 Sleman selalu sesuai dengan standar yang ditetapkan, dengan tetap mengutamakan pengembangan karakter dan potensi peserta didik,” kata Agus Sholeh.
Selain itu, pengawas juga memberikan beberapa rekomendasi terkait optimalisasi waktu belajar efektif dan pemanfaatan teknologi yang lebih luas dalam pembelajaran, terutama dalam mendukung penerapan kurikulum merdeka.
Kegiatan pengecekan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi MTsN 8 Sleman dalam menyempurnakan persiapan akreditasi. Dengan dukungan dari seluruh pihak terkait, MTsN 8 Sleman optimis dapat mencapai hasil akreditasi yang memuaskan dan terus meningkatkan kualitas proses pembelajaran di madrasah. (es)
Tinggalkan Komentar