Sleman (MTsN 8 Sleman) – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 dan untuk mensukseskan akreditasi madrasah serta akreditasi perpustakaan, MTsN 8 Sleman telah menginisiasi program Pojok Baca Kelas. Program ini merupakan upaya untuk menumbuhkan budaya literasi di kalangan siswa dengan menyediakan sudut baca yang nyaman dan menarik di setiap kelas. Sejak awal bulan Agustus, setiap kelas telah mulai membuat pojok baca sesuai kreativitas masing masing yang akan dilombakan pada akhir bulan Agustus (30/08/2024).
Pojok Baca Kelas merupakan salah satu inisiatif yang dihadirkan untuk mendukung gerakan literasi di madrasah. Setiap kelas diwajibkan memiliki pojok baca yang berisi berbagai buku bacaan yang menarik dan mendidik. Pojok baca ini diharapkan dapat menjadi tempat bagi siswa untuk memperkaya pengetahuan dan mengembangkan minat baca.
Kepala MTsN 8 Sleman, dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran pojok baca dalam meningkatkan literasi siswa. “Pojok Baca Kelas bukan hanya sekadar hiasan, tetapi merupakan bagian dari upaya kita untuk menciptakan budaya membaca di lingkungan madrasah. Dengan adanya lomba ini, kita ingin mendorong setiap kelas untuk lebih kreatif dan peduli terhadap kebersihan serta kenyamanan ruang belajar,” ujarnya.
Pojok baca kelas ini mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah, terutama dari wali kelas masing-masing. Salah satu contohnya adalah Pojok Baca Kelas 7E yang telah dihias dengan penuh kreativitas oleh siswa dan wali kelasnya. Pojok baca ini dilengkapi dengan rak buku, karpet yang nyaman, dan dekorasi yang menarik, sehingga siswa merasa betah untuk membaca.
Kepala Perpustakaan MTsN 8 Sleman, Himawan Bayu Nugroho, S.Pd. juga menyampaikan, “Peran pojok baca di kelas sangat penting untuk mendukung program literasi sekolah. Kami berkomitmen untuk terus menyediakan buku-buku yang menarik dan relevan untuk siswa.”
Selain sebagai bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan, lomba kebersihan, kerapian, dan pojok baca kelas yang akan diselenggarakan juga menjadi ajang untuk memotivasi siswa agar lebih peduli terhadap lingkungan belajar mereka. Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan pojok baca di setiap kelas dapat menjadi sarana yang efektif dalam meningkatkan literasi siswa dan berkontribusi positif terhadap pencapaian akreditasi madrasah dan perpustakaan di MTsN 8 Sleman. (idw)
Tinggalkan Komentar