Abstrak Kemajuan kecerdasan buatan (AI) dan robotika sosial mendorong pertanyaan besar tentang masa depan pendidikan: apakah kelas-kelas akan dipimpin —..
AbstrakArtikel ini mengkaji konsep pendidikan hybrid (blended/hybrid learning), karakteristik generasi Z, bukti empiris tentang efektivitas model hybrid, tantangan implementasi, dan..
Abstrak Percepatan digitalisasi kehidupan sosial, ekonomi, dan pendidikan menimbulkan tuntutan baru terhadap kompetensi warga negara: kemampuan teknis saja tidak lagi..
Abstrak Di era digital, anak-anak dan remaja tumbuh dalam lingkungan informasi yang terus-menerus—ruang media sosial, algoritma rekomendasi, permainan daring, dan..
Abstrak Perkembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) memasuki ekosistem sekolah dengan sangat cepat—mulai dari peranti perencanaan pembelajaran berbasis model generatif, sistem..
Abstrak Perdebatan tentang apakah pembelajaran kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) harus dimulai sejak dini—bahkan untuk semua anak—menggabungkan argumen pendidikan, ekonomi, etika,..
Abstrak Transformasi drastis yang dialami dunia pendidikan sejak 2020—yang dimotori oleh penutupan sekolah masif akibat pandemi COVID-19 dan pemindahan mendadak..