Antusias Siswa Baru MTsN 8 Sleman Ikuti Materi Moderasi Beragama

Sleman (MTsN 8 Sleman) – Menghargai perbedaan dan keberagaman di Indonesia harus ditanamkan sejak dini bagi para siswa khususnya siswa baru. MTs Negeri 8 Sleman mengenalkan moderasi beragama kepada siswa baru kelas tujuh sebagai salah satu materi Matsama tahun ajaran 2023/2024.  Kegiatan ini diadakan pada hari ke-dua Matsama, Selasa (11/7) bertempat di Aula MTsN 8 Sleman.

Sebagai pemateri, Kepala MTsN 8 Sleman , Agus Sholeh, S.Ag., menyampaikan materi moderasi beragama dengan cara yang menyenangkan.  Sebelum materi disampaikan beliau memberikan ice breaking sehingga tercipta suasana yang hangat. Materi yang disampaikan diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta Matsama, sebab konsep materi yang dibawakan secara ringan yang mudah diserap oleh para peserta.

Dalam materinya beliau menyampaikan tujuan diadakannya materi moderasi beragama bagi siswa baru diantaranya para siswa dapat memahami tentang moderasi beragama dengan baik dan benar.  Selain itu para siswa diharapkan memiliki sifat, pandangan dan perilaku beragama yang baik dan benar serta dapat mengimplementasikan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat dengan baik.

Beliau mengatakan, “para siswa menjadi titik awal pentingnya ditanamkan sikap toleran kepada sesama agar kelak ketika dewasa mereka tidak mudah disusupi paham-paham intoleran.  Kita tahu bahwa munculnya sikap intoleran dikarenakan adanya pemahaman yang salah sejak dini, ujarnya

“Sebagai siswa baru kalian harus mampu menerapkan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari.  Kalian harus bisa bersikap toleransi kepada siapapun, saling menghormati dan menghargai dengan segala perbedaan yang ada,” tambahnya. (hm8)